Rabu, 30 Mei 2018

Perihal YHVH


1. YHVH adalah Allah tribal (tribe),  yakni Allah suatu suku bangsa, yakni bangsa Israel. 

YHVH adalah salah satu anak dari Yang Maha Tinggi,  bukan Yang Maha Tinggi itu sendiri, Lihat Ulangan 32:8-9. 

Yang lebih jelas adalah kalau anda lihat terjemahan RSV yang mengacu ke Septuaginta. Septuaginta adalah terjemahan resmi yg diakui oleh otoritas agama Yahudi di masa tsb (kira2 tahun 68 SM) . Septuaginta adalah terjemahan dari kitab2 PL yang telah ada sebelum versi Masoretic Text yg baru ada sekitar tahun 1000 M.

Saya copas yg RSV  :

Revised Standard Version (RSV) 

Deut 32: 8 When the Most High gave to the nations their inheritance, when he separated the sons of men, he fixed the bounds of the peoples according to the number of the sons of God. 9 For the LORD's portion is his people, Jacob his allotted heritage 

Atau lihat Mazmur (Psalm) 89:6

KJV :
Psalm 89:6 For who in the heaven can be compared unto the LORD? who among the sons of the mighty can be likened unto the L ORD ?

www.bit.net.id/SABDA-WEB/Maz/S_Maz89.htm 

89:6 For who in the heaven [ 07834] can be compared
[ 06186] ( 8799 ) unto the LORD [ 03068]? {who} among
the sons [ 01121] of the mighty [ 0410 ] can be likened [ 01819] ( 8799 ) unto the LORD [ 03068]?

---

LORD  Itu semitransliterasi dari YHVH. "LORD" adalah sebagai "pengganti" tetragramaton YHVH yang didasarkan dari sapaan "adonay" yang berarti "tuan" atau "lord" dalam bahasa Inggris. Lalu ditulis huruf besar semua menjadi LORD

YHVH adalah salah satu dari anak the mighty BUKAN the mighty itu sendiri (lihat "among the sons of the mighty). Karena adalah absurd  kalau YHVH adalah the Mighty namun dibandingkan dngan ciptaan lainnya. Adalah absurd  kalau Yang Maha Tinggi dibandingkan dgn ciptaannya. Tetapi kalau di antara anak2 /ciptaan dibandingkan maka ini logis.

Lihat di banyak ayat dimana tertulis dgn jelas bhw YHVH adalah Allah bangsa Ibrani, contoh : Kel 3:18, YHVH Allah orang Ibrani.

2. Tindakan/perbuatan YHVH,  detailnya bisa dilihat di kitab PL,beberapa yg sy sampaikan di sini,  contohnya  :

A. Lihat Yes 45:7, selain menciptakan kebaikan atau nasib mujur,  YHVH menciptakan kejahatan (Ibrani : "ra",  artinya evil/kejahatan).  LAI menerjemahkannya sbg :nasib malang. . Bandingkan dengan ajaran Yesus di Mat 5:44-47.  Allah yang mengutus Yesus memberikan matahari dan hujan untuk semua manusia, yang baik maupun yang jahat. Yesus tidak menciptakan kejahatan ataupun nasib malang.

B. Lihat tindakan balas dendam YHVH pada Daud karena Daud mengambil Betsyeba. Bayi yg lahir dibunuh. Trus pedang tidak akan beranjak dari keturunan Daud SELAMANYA. Lalu istri2 daud akan dikasih ke orang lain di hadapan Daud. Bandingkan dengan ajaran Yesus. Yesus mengampuni dan mendoakan orang yang menghina dan menyiksanya di peristiwa penyaliban. 

C. Lihat bhw YHVH yang mengeraskan hati Firaun (Kel 4:21) tapi kemudian dia mengirim 10 tulah ke bangsa Mesir ;  membingungkan bukan ? dia  mengirim 10 tulah karena dia sendiri mengeraskan hati firaun. 

---





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.