Rabu, 20 Juni 2018

Penguasa Dunia (Yang Telah Terhukum )

Copas Ayat2

1)
5.Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepadaNya semua kerajaan dunia. 6.Kata Iblis kepadaNya :”Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepadaMu, sebab *semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki*. 7.Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milikMu”. 8.Tetapi Yesus berkata kepadanya :”Ada tertulis : Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti”. (Lukas 4:5-8).

2)
Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan *seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat*. (1 Yoh 5:9)

3)
Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab *penguasa dunia* ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diriKu.( Yoh 14:30)

4)
8.Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman 11.Akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. (Yoh 16 : 8 & 11)

5)
Dan *inilah hukuman itu* : Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan daripada terang, sebab *perbuatan-perbuatan mereka jahat*. (Yoh 3:19)

6)

Kejadian 6:5 (TB)  Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa *segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata*,

7)
Roma 3:23 (TB)  Karena semua orang telah berbuat dosa dan *telah kehilangan kemuliaan Allah*,

8)
Jawab Yesus : *“KerajaanKu bukan dari dunia ini*; jika KerajaanKu dari dunia ini, pasti hamba-hambaKu telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi kerajaanKu bukan dari sini”. (Yoh 18:36)

----

Dari ayat-ayat tersebut di atas kita dapatkan :

1. Penguasa dunia adalah si jahat.

2.Kerajaan-kerajaan dunia adalah milik si jahat dan si jahat memberikannya kepada siapa saja yang dikehendakinya.

3.Penguasa dunia tidak berkuasa atas Yesus karena Yesus tidak mau tunduk/menyembah dia. Yesus menolak kuasa dan kemuliaan atas semua kerajaan dunia yang ditawarkan iblis sebagai imbalan menyembah iblis. Seperti kata Yesus, kerajaanNya bukan dari dunia ini.

4.Penguasa dunia telah dihukum. Apa hukuman tsb ? yakni tidak memiliki Terang. Berada dalam kegelapan. Dari Lukas 4:8 kita tahu bhw hukuman tsb adalah jauh dari Allah. Allah adalah kehidupan, jauh dari Allah atau bertentangan dengan Allah artinya ya mati/kematian, karena lawan dari kehidupan adalah kematian. Lawan dari Terang adalah kegelapan. Perbuatan-perbuatan jahat sudah menjadi hukuman bagi pelakunya.

5. Kerajaan Yesus bukan dari dunia ini. Masuk ke dalam kerajaan Yesus artinya keluar atau tidak terlibat dalam kerajaan dunia. Dalam perebutan kerajaan dunia. Sebagaimana dulu Yesus menolak kuasa serta kemuliaan kerajaan dunia maka yg mau masuk ke dalam kerajaan Yesus juga harus meneladani Yesus, menolak kuasa serta kemuliaan kerajaan dunia.


Kontemplasi :

1.Kira-kira Yesus akan atau telah ikut-ikutan ‘nggak dalam perebutan kekuasaan dalam kerajaan dunia ? misalnya di jaman kerajaan Inggris abad pertengahan ketika raja-raja atau yang berebutan itu adalah penganut agama kristen anglikan ?

2. Atau di jaman now, kira-kira Yesus akan ikut-ikutan nggak dalam suksesi pergantian ratu Inggris ? ke pangeran Charles atau ke cucunya ?

3. Yang dalam bentuk republik…misalnya amerika. Kira-kira Yesus ikut-ikutan nggak dalam perebutan jabatan presiden antara partai republik dan partai demokrat yang mayoritas anggotanya dan calon presidennya beragama Kristen. Kalau partai demokrat menang, apakah artinya Yesus berpihak pada partai tersebut ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.