Senin, 07 Agustus 2017

Kitab Orang Jujur (Sepir Ha Yasher)

Perihal Kitab Orang Jujur (Sepir Ha Yasher) atau Book of Jasher.

Ada dua macam tipe buku ha Yasher ini :

1. Terbitan 1829. Ngawur. Krn dalam pasal 17 nya menulis yg datang pada Musa di gunung Sinai adalah Yitro, mertua Musa, bukan YHWH.

2. Terbitan 1840. Yang digunakan sekelompok orang untuk membela YHWH di kasus penulahan Firaun atas kebohongan yang dilakukan Abraham. Ini Buku hayalan dan kontradiktif dgn kitab Kejadian, spesifiknya ttng Abraham.

Hayalan : ditulis di pasal 12 abraham dibakar tapi selamat. Peristiwa besar spt ini tdk ditulis oleh Musa? 

Kontradiktif :  Haran dikatakan sbg anak tertua Terah (Jasher ps 12: 16) padahal menurut kitab kejadian 11:26, Haran anak ketiga.

Pendeskritan pada Terah :

Ditulis di pasal 12 sbb:

Terah mengkambinghitamkan Haran ; anaknya,  krn takut mati dengan bilang bhw Haran lah yg menyarankan padanya utk berbohong pada Nimrod soal Abraham ketika Nimrod memerintahkan pembunuhan atas bayi2 krn takut akan ramalan para peramal (sage) akan lahirnya anak yg akan jadi orang besar.

Waktu Abraham lahir,Terah menyerahkan bayi orang lain (pembantunya) utk dibunuh oleh Nimrod, spy abraham selamat.  (kacau bener sih?  )

Trus pas diketahui oleh Nimrod, Terah bilang Haran yg nyaranin demikian, padahal di ps 12:17  ditulis bhw Haran tdk menyarankan demikian.

Lah tapi trus si Haran sama si Abraham yang ditangkep, trus dibakar. Tapi Abraham selamat dan Haran mati. Katanya krn hatinya Haran kurang sempurna bagi allahnya abraham (YHWH). 

Kontradiktif dgn kitab kejadian soal usia abraham ketika dipanggil YHWH keluar dari Haran. Kitab kejadian menulis usia 75, book of jasher bilang umur 55.

---

Kitab Orang Jujur kok isinya malah ttng orang bohong dan selamat? Terah bohong ke Nimrod dengan memberikan bayi orang lain sbg pengganti anaknya (abraham).  Trus Terah juga mengkambinghitamkan Haran krn dia takut mati dihukum Nimrod.

Piye tah buku spt ini disebut kitab orang jujur  ??? :-D :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.