Senin, 07 Agustus 2017

Nubuatan Akhir Jaman Matius 24

Di Mat 24  itu, ada 2 hal (bagian)   yg disampaikan Yesus,  yakni :

1. Bagian Pertama : Nubuatan Penghancuran Bait Allah dan kota Yerusalem, lihat mulai ayat 1-34.

2. Bagian Kedua : Kesudahan dunia, lihat mulai ayat 35-36.

---

Bagian Pertama : Nubuat Penghancuran Bait Allah dan Kota Yerusalem :

Utk penghancuran Bait Allah, kota Yerusalem dan masa penderitaan yg akan dialami murid2 awal,  Yesus memberikan petunjuk (clue) dalam perumpamaan/perbandingan dgn pohon ara (lihat ayat 32).

copas ayat : 

Matius 24:29-30 (TB) 
29"Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang.
30 Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.


Utk ayat 30 :


Ayat 30 berada di dalam bagian pertama, yakni nubuatan tentang penghancuran Yerusalem. Ini harus dipahami terlebih dahulu.


Lalu lihat ayat 29 :

"Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang.

---

Lihat :"segera sesudah siksaan pada masa itu"

Yesus menubuatkan tentang penghancuran kota Yerusalem dan siksaan yg akan dialami murid2 awal.

Lalu ada :

"Matahari gelap,  bulan tak bercahaya,  bintang berjatuhan."

Apakah ini  ?  Jawab :  kesedihan yg teramat dalam,  yg diakibatkan dari siksaan/penyiksaan.

Dari mana tahunya ? Lihat kalimat lanjutannya : semua bangsa akan meratap : Kesedihan. Matahari gelap, bulan tak bercahaya dan bintang berjatuhan.


Tapi, dalam kesedihan tersebut (ayat 29),  Yesus akan datang dalam kemuliaanNya utk menjemput/membawa orang2 pilihanNya,yakni orang yg memilih Dia. Yang setia dalam iman mrk (ayat 30).

Sama spt Yesus datang ke Stefanus yg setia dalam iman dan pengharapannya kepada Yesus (Kis 7:56-60).

Penghancuran kota Yerusalem dan Bait Allah (lihat ayat 1-2) terjadi di tahun 70 M. Murid2 dikejar2,  disiksa dan dibunuh. 

Semua bangsa akan meratap?  . Pada kira-kira tahun 70 M tsb, penginjilan sudah kemana2.  Murid2 Yesus sudah dari banyak bangsa (lihat Kis 2, peristiwa Pantekosta). Menurut tradisi, penginjilan Tomas ke India.


---


Bagian Kedua :  Kesudahan (Akhir) Dunia

Untuk akhir dunia, Yesus menyatakan tak ada yg tahu dan tdk diberikan tanda2 juga (clue). Yesus konsisten. Dia bilang hanya Bapa yg tahu. Kalau dia kasih clue (petunjuk2) spt misalnya perumpamaan pohon ara maka artinya sudah dibocorin. Alias Yesus tahu tapi nggak mau ngasih tahu, padahal Yesus berkata bahwa hanya Bapa yang tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.