Selasa, 12 September 2017

Tidak Ada Juri Hukum Taurat


Galatia 2:16  Kamu tahu, bahwa tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorang pun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat.

---

Karena tulisan Paulus di Gal 2: 16 tsb, ada sebagian orang menuduh Paulus membatalkan/menghilangkan Hukum Taurat. Padahal tidak demikian. Yang ditulisnya adalah : "tidak seorangpun dibenarkan oleh karena melakukan hukum taurat". 

Kenapa? 
Jawab :  karena nggak ada "juri" yg ngasih nilai  sehingga nggak ada yg tahu apakah dia "lulus" atau tidak. Apakah dia sudah benar (semua) atau belum.  Serba salah. Kalau ngaku2 /self claim, orang juga nggak bakalan bisa ngecek.  

"Juri" kasih nilai misal si A dapet 10, krn melakukan 10-10 nya secara konsisten tiap hari dari akil balik sampe mati. Si B nilainya 9, krn benar 9 salahnya 1. Dstnya.. 

Bercanda  ? No!  itu serius.  Siapa coba yg sudah  mendapat nilai  ? (dibenarkan krn melakukan hukum taurat? ). Jawab : nggak ada  !

Nah kalau iman pada Yesus alias berserah diri pada Yesus itu artinya mengaku membutuhkan pertolongan (Yesus), sehingga krn pengakuan tsb lah dia kemudian dibenarkan. Lihat contoh yg ekstrim pada si penjahat yg disalib dan kemudian berserah diri pada Yesus. Ini bukan berarti nyuruh orang jd penjahat dulu ya baru kemudian tobat. Ini adalah contoh penyerahan diri (iman) dan kemudian dibenarkan.

Demikianlah. :-)

Salam,
TR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.