Sabtu, 25 Juni 2011

Allah Membawa Manusia Ke Pencobaan ? (Matius 4)

Ada seorang kawan diskusi yang bilang bahwa Allah akan membawa manusia ke pencobaan oleh iblis karena Yesus pun dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai oleh iblis. 


Copas Matius 4:1 

---
Matius 4:1 (TB)  Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis
---

Padahal Yakobus 1:13 menulis sbb :

Copas ayat :
Yakobus 1:13 (TB)  Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun.

----

Bagaimanakah ? Matius 4:1 atau Yakobus 1:13 ?
Kontradiksi ? 

------------------------------------

Coba kita lihat Matius 4 nya, mulai ayat 1 sampai ayat 3.
Copas ayat : 

Matius 4:1-3 (TB)  1)Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.
2)Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus. 3)Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."

___

Dengan melihat ayat 2 dan 3  maka kita bisa pahami bahwa Roh menuntun Yesus ke padang gurun adalah untuk berpuasa selama empat puluh hari dan empat puluh malam. Dan karena puasa tersebutlah kemudian si pencoba datang untuk mencobai Yesus. Artinya, Mat 4:1 itu menulis sebuah lompatan dari dibawa ke padang gurun lalu ke pencobaan oleh Iblis.

Pencobaan lahir krn adanya puasa 40hari 40 malam.
Kalau tidak ada puasa tersebut, yang salah satu akibatnya adalah rasa lapar maka tidak akan ada pencobaan tersebut. Orang kekenyangan diiming-imingi makanan buat apa ? hanya kepada orang lapar kita bisa mengiming-imingi makanan.

Lantas untuk apa Yesus berpuasa 40 hari 40 malam ? apakah semata untuk dicobai ? seperti petinju yg berlatih untuk bertinju dan kemudian menang/kalah ?

Saya percaya bahwa tujuan puasa tersebut bukanlah supaya dicobai tapi karena Yesus ingin dekat pada BapaNya. Sebagaimana tujuan puasa yg dilakukan di perjanjian lama yang adalah untuk dekat pada Allah/mengingat Allah.

Pencobaan adalah sebuah upaya penghalangan yg dilakukan oleh pihak-pihak yg bertentangan dengan Allah.

Jadi, Allah tidak membawa manusia (atau Yesus)  ke dalam pencobaan. Allah menuntun atau membawa manusia ke hadiratNya, dan ada pihak2 lain yang tidak suka yang kemudian mencobai manusia (atau Yesus) supaya gagal kembali atau berada di dalam hadirat Bapa.

Salam,
Topan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.