Minggu, 26 Juni 2011

Yoh 13:27 : Memasukkan/Memakai Iblis ? No Way !

Yoh 13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis . Maka Yesus berkata kepadanya: “Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera.”
 
Apa makna “sesudah menerima roti itu, ia kerasukan iblis “ di Yoh 13:27 ? 

Apakah Yesus memasukkan iblis ke dalam Yudas ? Yesus memakai Iblis ? 

Jawab : TIDAK !

———————-

Pemberian roti oleh Yesus kepada Yudas adalah perlambang/lambang penyerahan diri anak Manusia ke dalam tangan orang-orang yang menentangnya, yang hendak melakukan egoisme mereka pada Yesus, yang hendak membunuhnya.

Lukas 24:7 yaitu bahwa Anak Manusia  harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.”

Siapa yang menyerahkan ? Yesus sendiri !. Yesus mengorbankan diriNya.

Yesus menganalogikan roti dan anggur sebagai tubuh dan darahnya (Mat 26:26-28). Dan roti yang diberikan pada Yudas adalah roti yang sudah dicelupkan dalam anggur.

Yoh 13:26 Jawab Yesus: “Dialah itu, yang kepadanya Aku akan memberikan roti, sesudah Aku mencelupkannya.”

Penyerahan diri dimulai dari peristiwa penghianatan Yudas, alias Kamis Malam alias di Perjamuan Akhir itu. 
 
Dan atas adanya penyerahan diri Anak Manusia itu maka kuasa kegelapan berkuasa atas manusia.  Thus, iblis merasuki Yudas. (Yoh 13:27)
……………..
 

Yudas menginginkan uang dan bahkan tidak peduli uang itu dari menjual/menghianati gurunya sendiri. Biasalah ya ?, jaman sekarang pun kita bisa melihat itu kok. Jangankan gurunya, bahkan orang tuanya pun akan dibunuh demi menguasai harta kekayaan mereka.

Ketika Anak Manusia menyerahkan diri pada kuasa kegelapan, maka Yudas tidak lagi berada dalam perlindungan Yesus . Kuasa gelap, egoisme, alias Iblis bisa mendominasi Yudas. Sehingga ditulis : ‘ia kerasukan iblis”, lengkapnya : ” Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan iblis”.



Salam,
Topan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.