Minggu, 26 Juni 2011

Maria Magdalena Bukan Mantan Pezinah !

Di film “The Passion of The Christ” nya Mel Gibson, Maria Magdalena digambarkan sebagai perempuan yang selamat dari hukuman rajam, seorang mantan pezinah (Yoh 8).

Jauh sebelum film itu, Paus St. Gregorius Agung (540–12 Maret 604) menyatakan bahwa Maria Magdalena adalah mantan pezinah.
 
Paus St. Gregorius Agung menyatakan Maria Magdalena adalah perempuan yang menyeka kaki Yesus dengan rambutnya di Luk 7 :37, yang dibebaskan dari 7 roh jahat (devil) di Lukas 8:2, dan yang tertangkap zinah dan hampir dirajam di Yoh 8 :1-11. 

Kesimpulan itu mengikuti alur sbb :

•Dari Lukas 7 diambil : “menyeka kaki dengan rambut”, lalu dikaitkan juga dengan Yoh 11:2 dan Yoh 12:3
•Dari Lukas 8, diambil nama si perempuan : Maria Magdalena
•Dari Yoh 8 :1-11, diambil dosanya : zinah

Digabung : Maria Magdalena mantan pezinah yang pernah menyeka kaki Yesus dengan rambutnya. 

Film sih bisa dimaklumi, namanya juga komersil, tapi interpretasi ?

Mari sama-sama kita melihatnya :

I. Pengaitan Lukas 7 dan Lukas 8 : 

Bandingkan Lukas 7:38 dengan Lukas 8:2, yang kita dapatkan adalah :

1.Di Lukas 7 tidak ada tertulis di kitab itu nama si perempuan. 

2.Kalau perempuan di Lukas 7 dan 8 itu adalah perempuan yang sama alias Maria Magdalena alias perempuan yang sedang kesurupan 7 devils (Luk 8:2) maka tidak akan masuk akal dan tidak masuk kitab Injil si perempuan itu akan datang kepada Yesus dalam keadaan menangis, membasahi kaki Yesus dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, mencium kakiNya dan kemudian meminyakinya dengan minyak wangi.

Perjumpaan Yesus dengan roh jahat yang dicatat oleh Kitab Injil adalah roh jahat itu akan melawan Yesus atau akan mengguncang2kan tubuh yang dihuninya atau akan ketakutan melihat Yesus. 

Contoh :

Pada waktu itu di dalam rumah ibadah ada seorang yang kerasukan roh jahat; orang itu berteriak, Apa urusanMu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kita? Aku tahu siapa Engkau, Yang Kudus dari Allah. Tetapi Yesus menghardiknya dan berkata : Diam, keluarlah dari padanya!” (Mrk 1:22-25).

Yang diterima perempuan di Lukas 7 adalah pengampunan dosa (Luk 7:48 . Yang diterima oleh Maria Magdalena adalah pelepasan dari 7 devils, 7 roh jahat.


Kesimpulan : Maria Magdalena bukanlah perempuan di Lukas 7 itu ! 


II.Pengaitan Lukas 7:37 dengan Yoh 8:1-11 : dosa zinah.
Kalau dosa si perempuan di Lukas 7 adalah dosa zinah maka tidak mungkin dia masih hidup di era itu karena hukuman bagi dosa zinah adalah mati di rajam. Ini kok malah sampai terkenal sekota ? 


III.Pengaitan Lukas 7 dan Yoh 12 : Menyeka kaki Yesus dengan rambut.

Lihat Lukas 7: 38, Yoh 11:2, Yoh 12:3
Yoh 11:2 Maria ialah wanita yang menuang minyak wangi ke kaki Tuhan, dan menyekanya dengan rambutnya. Suatu ketika Lazarus jatuh sakit.
Yoh 12:3 Kemudian Maria datang dengan kira-kira setengah liter minyak wangi narwastu yang mahal sekali. Ia menuang minyak itu ke kaki Yesus, lalu menyekanya dengan rambutnya. Seluruh rumah itu menjadi harum karena minyak wangi itu.

Karena Yoh 11 diasumsikan ada/ditulis terlebih dahulu, maka bagi intrepretator (Paus Gregorius) tidak mungkin keterangan di Yoh 11 :2 itu mengacu/diambil dari Yoh 12:3.

Padahal bisa saja bukan ?. 

Dianggap keterangan tentang Maria itu diambil dari peristiwa sebelumnya dan dipilihlah kejadian sebelumnya itu adalah dari Kitab Lukas, Lukas 7 : 38

Padahal ….

Di Lukas 7, jelas tertulis yang diseka dengan rambut itu BUKAN minyak wangi tapi air mata !
Lukas 7:38 Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu.

Setelah diminyaki, tidak diseka lagi dengan rambut !

Sementara itu di Yoh 11: 2 ditulis : menuang minyak wangi dan menyeka dengan rambutnya !
BEDA khan ?

Jadi, pengaitan Yoh 12 dengan Lukas 7 adalah salah alamat !

Yoh 11:2 konsisten/sesuai dengan Yoh 12:3 yakni meminyaki dan menyeka dengan rambut, sementara Lukas 7, yang diseka dengan rambut adalah air mata.

Maria saudari Lazarus yang tinggal di Bethania bukanlah perempuan yang terkenal di sebuah kota akan dosanya yang kemudian datang ke rumah Simon si Farisi. 

Maria saudari Lazarus bukanlah Maria Magdalena yang mana dipercaya Magdala adalah nama daerah asal Maria Magdalena. Bethania khan beda jauh sama Magdala ! 

Jadi, sebenarnya ada tiga perempuan yang dibicarakan :

1.Perempuan tanpa nama yang ditulis di Lukas 7
2.Maria Magdalena yang ditulis di Lukas 8 dan bagian2 lainnya di kitab Injil
3.Maria dari Bethania saudari Lazarus..
 
Nama Maria mungkin pasaran di kala itu, tapi bukan karena pasaran lantas semuanya boleh disama-samakan bukan ?

Jadi, hilangkan pikiran bahwa Maria Magdalena adalah mantan pezinah, salah interpretasi tuh !
Oh ya, satu hal lagi, semenjak awal, Gereja Orthodoks Timur tidak pernah menyatukan ketiga tokoh ini.

Salam,
Topan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.